Sabtu, 01 November 2014

Tips Aman Berinternet



Dengan berinteraksi dengan internet, kita sudah menjelajahi dunia maya. Dunia maya sangat berbeda dengan dunia nyata. Di dunia nyata, terdapat peraturan yang mengikat sementara di dunia maya tidak ada peraturan yang mengikat atau dapat dikatakan juga sebagai dunia bebas. Jadi, untuk berinteraksi di dunia maya, kita juga butuh yang namanya pencegahan dan pelaksanaan yang aman. Jadi, kita bisa berinternat ria dengan aman.
Apa yang harus kita lakukan?
Nih, beberapa tips praktisnya!
Pertama, orang tua harus melibatkan diri pada aktivitas anak di intenet. Pantau dan cari apa yang anak lakukan di dunia maya. Kedua, buatlah aturan berinternet. Bicarakan dengan anak tentang hal yang patut dan tidak di internet. Berikan gambaran terburuk, lalu sepakati konsekuensi apa yang akan diterima anak bila melanggar.
Kedua, jangan terlalu banyak mencantumkan data pribadi di media social. Karena, sudah banyak terjadi penculikan dan pembajakan akibat data pribadi yang lengkap. Hindarilah memasang foto pribadi, password, KTP, SIM, alamat, nomor telepon, dan data pribadi lainnya. Cobalah untuk mencantumkan data khusus.
Ketiga, ingat waktu jika berinternet dengan asyik. Radiasi yang dikeluarkan dari layar kompiter dapat berbahaya untuk mata. Cobalah untuk menjauhi 30 cm dari layar computer. Dan jangan lupa untuk bermain kompiter maksimal 1 jam lalu istirahatkan mata agar tidak terlalu lelah. Berinternet dengan melupakan waktu juga dapat melupakan kewajiban kita seperti makan, beribadah, dan mengerjakan tugas. Maka, berinternetlah dengan bijaksana.
Keempat, dalam menggunakan media social, pilihlah teman yang sudah kita kenal di dunia nyata. Mengkonfirmasi teman yang tidak kenali dapat berbahaya untuk keselematan dan dapat terancam gangguan psikologis.
Terakhir, kenali situs yang aman sesuai usianya. Berikan anak referensi untuk mengunjungi situs yang dirasa pantas dan perlu diketahuinya. Seperti, soal edukasi bermain, film, musik, dan ilmu pengetahuan. Dengan ini, anak akan terarahkan dalam internet.
Itulah beberapa tips praktisnya.
Oh ya, jangan lupa juga bahwa orang tua mempunyai peran penting dalam mendidik anak untuk dapat menggunakan internet dengan lebih baik dan lebih bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar